Rabu, 11/04/2012
Apple: Setelah Mengubah Fokus Bisnis, Menjadi Raksasa
PENULIS : Nur Cahyo

Plasadana.com - Berbicara tentang merek yang hilang kemudian kembali dan mendapat tempat terhormat di pasar, tak bisa dilepaskan dari Apple. Mulanya Apple adalah perusahaan komputer yang kemudian berubah fokus ke bisnis telepon pintar, iPhone.

Pada era tahun 1980-an, Apple cukup baik diterima pasar. Namun era 90-an tampaknya menjadi masa kelabu, ketika pasarnya ambruk.

Barulah pada tahun 1997, Steve Jobs sang pendiri, kembali dan memimpin perusahaan. Semuanya segera berubah. [Bagi Jobs, Instink Adalah Segalanya]
Jobs menyetir perusahaan yang dipimpinnya itu ke arah piranti komunikasi bergerak. komputer desktop ditinggalkan. Untuk keperluan tersebut, merek Apple pun direstrukturisasi, sehingga dikenal dengan produk baru itu.

Mulailah diproduksi iMac, iPod, dan iPhone, kemudian iPad. Kelahiran kembali Apple telah menempatkannya sebagai perusahaan paling menakjubkan di Amerika.

Bahkan keuntungannya pada tahun lalu sudah mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Bahkan pada Jui 2011, uang tunai yang dimiliki Apple lebih besar dari yang ada di kantong pemerintah Amerika. Wow.  

>> SELANJUTNYA [Dr Marten: Kembalinya Sepatu Punk Rock]

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha