Kamis, 26/04/2012
BI tak Berminat Beli Obligasi Rekap
PENULIS : Nur Cahyo

BERITA PILIHAN

Plasadana.com - Bank Indonesia memastikan tidak berniat membeli obligasi rekap dari entitas bank tertentu. Apabila opsi pembelian terbuka, BI akan menyerap dari pasar keuangan dengan berpatokan terhadap harga yang akuntabel dan transparan.

Kepala Biro Humas BI Difi Ahmad Djohansyah mengungkapkan pihaknya telah menggelar pembicaraan dengan Kementerian BUMN mengenai keinginan sejumlah entitas bank milik negara untuk melepas obligasi rekap yang dimilikinya. Saat ini, manajemen Bank Mandiri telah menyiapkan sejumlah strategi untuk melakukan pelepasan obligasi rekap, mulai buy back oleh pemerintah, penjualan kepada Bank Indonesia dan pelepasan ke investor.

Obligasi rekap adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mendukung modal perbankan pada saat krisis moneter 1997-1998.

Jumlah obligasi rekap yang diterbitkan mencapai Rp 430 triliun dengan tenor paling panjang sampai 2020. Surat utang ini terbagi dua yaitu obligasi rekap fixed rate (bunga tetap) dengan kupon sekitar 13,175 persen hingga 14,275 persen.

BI, kata Difi, bisa memahami keinginan bank persero BUMN untuk melepas obligasi rekap yang dimilikinya supaya dapat meraih dana segar. Apabila surat utang tersebut dapat dijual, entitas tersebut memilki dana lebih besar untuk ekspansi.

"Jadi tidak perlu bagi bank tersebut memelihara kewajiban dana pihak ketiga yang setara dengan jumlah obligasi rekap," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Dampaknya, lanjut dia, bank BUMN bisa lebih efisien. Dia menjelaskan yang ditempuh BI adalah menciptakan kondisi supaya bank BUMN dapat melepas obligasi rekap ke pasar keuangan dengan harga yang wajar. "Obligasi rekap yang dimaksud adalah jenis variable rate dengan tenor yang berbeda-beda.

Kontribusi bunga obligasi rekap jenis variable rate terhadap laba bank semakin menurun seiring dengan kebijakan acuan bunga surat utang tersebut yang berubah dari Sertifikat Bank Indonesia (SBI) ke Surat Perbendaharaan Negara (SPN). Saat ini kupon SPN berada pada level sebesar 2,18 persen.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha