Jumat, 04/05/2012
Mungkinkah Bank Tanpa Kantor?
PENULIS : Nur Cahyo
Bank tanpa kantor

Plasadana.com - Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat  meluncurkan konsep perbankan tanpa kantor atau `branchless bank`. Program ini diharapkan mampu meningkatkan akses masyarakat terhadap sektor keuangan dalam hal ini perbankan.

"Timnya sudah dibentuk untuk mengkajinya," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah di Jakarta, Jumat (4/5/2012).

Konsep tentang `branchless bank` diperkirakan akan selesai pada Juli mendatang karena saat ini tim pengkaji sudah menemukan model bisnis `branchless bank" yang tepat untuk masyarakat Indonesia. Modelnya, kemungkina perpaduan antara telekomunikasi dengan perbankan.

Dalam laporan "Kajian Stabilitas Keuangan" Bank Indonesia edisi Maret disebutkan, bahwa hasil survey Worldbank pada tahun 2007 menyatakan bahwa sekitar 48 persen dari keseluruhan rumah tangga di Indonesia tidak memiliki akses terhadap lembaga keuangan formal.

Lembaga penyedia jasa keuangan di Indonesia hanya mampu melayani sekitar 31 persen masyarakat, dan masih terdapat 17 persen masyarakat yang hidup tanpa layanan jasa keuangan.

Konsep branchless banking menjadi salah satu solusi untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah yang terpencil. Dengan model tersebut, distribusi untuk memberikan jasa keuangan bisa dilakukan tanpa mengandalkan keberadaan kantor cabang bank.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha