Senin, 07/05/2012
Selamat Datang Para Pelarian Pajak
PENULIS : Nur Cahyo

Plasadana.com - Di saat Prancis dan Yunani sedang menghadapi pemilihan umum saat ini, para pemilik properti di negara tetangganya, Inggris, malah menerima berkah.

Mengapa itu bisa terjadi? Alasannya simpel. Wilayah eksklusif di kawasan London, Inggris, menjadi tempat paling aman bagi orang kaya dari dua negara tersebut guna mengamankan kekayaan mereka dan berlindung dari kejaran pajak di negaranya. Selain itu, mereka termasuk tak nyaman dengan situasi krisis yang bisa berdampak pada kekayaannya akibat kebijakan pemerintah.

Seperti di Prancis, saat ini calon unggulan presiden barunya adalah Francois Hollande, Ketua Partai Komunis. Tokoh digolongkan sebagai pemimpin yang 'tidak suka' dengan orang kaya. Di antara kebijakan yang dijanjikan seandainya menang: orang kaya bakal dikenakan pajak pendapatan sebesar 75 persen.

Rencana kebijakan ini memicu orang-orang kaya di Prancis untuk hengkang. London bakal dijadikan tempat pelarian 300 ribu warga Prancis, menurut perkiraan CNN.

Bahkan fenomena hijrah itu sudah terjadi. Ribuan keluarga Prancis membeli rumah di London, dan mulai bermukim di sana. Bahkan sudah ada sekolah khusus warga Prancis atau di kawasan London itu, bahkan “lycée,” atau tempat pemutaran khusus film Prancis, kafe, dan toko-toko kue.

Dalam hitungan Rightmore, situs properti di Kensington, London, ada peningkatan warga Prancis yang pindah ke Inggris sekitar 5-6 persen setiap bulan. Hasilnya jelas, harga properti di kawasan cantik itu sudah ada di kisaran US$ 3,2 juta atau Rp 28,8 miliar.

Kawasan Kensington itu juga mulai diserbu warga kaya asal Yunani. Keluarga Ben Board, asli Inggris, begitu terbuka saat apartemennya yang memiliki dua kamar ditawar US$ 2 juta atau Rp 18 miliar oleh warga Yunani.

"Ada banyak permintaan dari warga Yunani. Setidaknya ada 200-an," ujarnya.

Kini, Inggris boleh saja terimbas krisis Eropa. Namun harga properti di negara tersebut tetap saja melambung akibat serbuan dari warga negara tetangga, yang tidak nyaman dengan kemelut politik. Jadi, selamat datang para pelarian pajak. Berkah di tengah ketidakpastian.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha