Rabu, 09/05/2012
Harga Emas Terjerembab
PENULIS : Nur Cahyo

Plasadana.com - Kali ini harga emas tak hanya menurun, tapi sudah terjerembab hingga ke bawah US$ 1.600 per troi ons. Investor melepas komoditas tersebut akibat khawatir krisis utang di kawasan Eropa meluas.

Kekhawatiran ini dipicu oleh perkiraan apakah Yunani akan menerima dana talangan untuk pemulihan ekonominya atau tidak. Sebab persyaratan mendapatkan bantuan dari lembaga semacam Dana Moneter Internasional (IMF) harus diimbangi dengan kebijakan pengetatan anggaran, yang masih ditolak oleh warganya.

Selain situasi politik di Yunani, kemenangan Francois Hollande, Ketua Partai Komunis Prancis juga mengkhawatirkan investor. Dua peristiwa ini memunculkan pertanyaan di benak investor, apakah Eropa akan tetap menyalurkan dana talangan miliaran dolar guna mengatasi situasi ekonomi di kawasan tersebut.

"Tanpa adanya stimulus fiskal, memegang emas sungguh tidak masuk di akal. Sama seperti kekhawatiran terhadap kurs yang bisa menggerogoti kesejahteraan para investor," ujar Jeffret Sherman, analis komoditas dari DobleLine Capital, yang mengelola aset US$ 33 miliar kepada Reuters.

Di bursa spot komoditas, harga emas turun 2,4 persen dan berada di posisi US$ 1.598,81 per troi ons, hingga tengah malam, Selasa (8/5/2012) WIB.

Sedangkan harga emas di bursa berjangka untuk pengiriman Juni, juga anjlok US$ 39,80, sehingga berada di posisi US$ 1.599,30. "Situasi melepas emas bisa makin buruk," ujar Adam Sarhan, CEO Sarhan Capital, konsultan dan riset investasi.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha