Rabu, 09/05/2012
Faktor Eropa Kembali Menggoyang Laju IHSG
PENULIS : Fahmi Anwari

Plasadana.com -Laju indeks harga saham gabungan (IHSG) untuk terus naik pada perdagangan saham hari Rabu ini (9/5), tampaknya bakal terganjal. Penyebabnya adalah kabar buruk yang kembali berhembus dari daratan Eropa. Sementara harga emas kembali melorot di bawah level US$ 1.600 per oz.

Kabar buruk dari Eropa telah memukul mundur sejumlah bursa saham di kawasan Asia pada pembukaan perdagangan Rabu pagi ini. Indeks Nikkei dan indeks Topix di bursa Tokyo turun masing-masing 1,31% dan 1,26%. Sedangkan indeks Hang Seng di bursa Hong Kong sudah terpangkas 0,77%. Alhasil, indeks MSCI Asia Pasifik terkoreksi 0,6% dan jatuh ke level terendah dalam tiga bulan terakhir ini.

Terbakarnya bursa saham dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap nasib pemulihan krisis ekonomi dan ke luar dari belitan utang di beberapa negara di Eropa. Dari Yunani muncul kabar, pemimpin Partai Syriza, Alexis Tsipras, menyatakan, pihaknya berencana membentuk pemerintahan yang akan melakukan nasionalisasi bank, mencabut reformasi tenaga kerja yang baru, dan membatalkan kesepakatan dana talangan dengan para negara dan lembaga donor.

Jika direalisasikan, hal tersebut tentu akan memporakporandakan kesepakatan yang sudah dijalin dengan Zona Euro. Ujungnya, titik ujung krisis bakal semakin menjauh. "Tidak jelas berapa dalam resesi bakal terjadi dan bagaimana efeknya," kata Kepala Strategi Investasi untuk kawasan Asia Pasifik Russell Investment Group, Andrew Pease, seperti dikutip Bloomberg.

Bursa saham di Amerika Serikat (AS) tak luput dari hembusan kabar buruk tersebut. Terbukti, pada penutupan perdagangan saham di bursa New York, Rabu dinihari tadi, indeks Dow Jones dan indeks S&P 500 terkoreksi masing-masing 0,59% dan 0,39%. Selain faktor Yunani, investor tengah menanti hasil pertemuan antara presiden baru Prancis Francois Hollande dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang akan membahas penanganan krisis Eropa.

Kondisi bursa saham di luar negeri inilah yang berpotensi menggiring penurunan IHSG meski pada kisaran sempit hari Rabu ini. Maklum, kabar-kabar dari luar negeri merupakan sentimen yang masih mendominasi pergerakan IHSG di tengah minimnya sentimen dari dalam negeri.

Sementara itu harga emas di pasar internasional hingga pukul 09.00 WIB ini sudah turun 0,41% menjadi US$ 1.597 per oz. Di dalam negeri, harga emas batangan terus turun menjadi Rp 534.000 per gram dan sebesar Rp 12,42 juta untuk emas berbobot 25 gram.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha