Minggu, 13/05/2012
Lenovo Incar Bisnis Tablet dan Smartphone
PENULIS : Aci Ananda

Plasadana.com - Produsen komputer personal (PC - personal computer) terbesar kedua di dunia, Lenovo, mengubah strategi bisnisnya dengan fokus ke tablet dan telepon pintar. Apa boleh buat, itulah kehendak pasar.

Strategi baru ini merupakan respons perusahaan asal Taiwan itu terhadap makin lambannya penjualan PC, seolah pelan-pelan menjemput ajalnya. Dalam hitungan Lenovo, seperti dirilis Asian Business Daily, realitas baru yang mereka hadapi adalah masyarakat lebih memilih tablet dan telepon pintar ketimbang PC.

Sebelumnya perusahaan ini pernah menjajaki pasar dengan menjual LePad untuk tablet dan LePhone untuk telepon pintar. Namun produknya nyaris tak terdengar di pasar.

Kali ini, perusahaan akan mengucurkan investasi baru sebesar US$ 792 juta atau Rp 7,13 triliun. Dana ini digunakan sebagai modal produksi serta pusat riset dan pengembangan di Wuhan, China.

Target yang ingin dicapai, riset internal tersebut akan merekomendasikan produk tablet dan telepon pintar bagi Lenovo. Bersamaan dengan rencana itu, Lenovo juga bangun pabrik senilai US$ 1,6 miliar atau Rp 14,4 triliun yang mulai beroperasi tahun depan, serta awal produksinya diditargetkan meluncur pada 2014. Sebanyan 10 ribu tenaga kerja akan terserap di pabrik ini.

Beberapa alasan ke depan yang dijadikan pijakan Lenovo terkait perubahan strategi ini adalah:

Pertama, kini pesaing Lenovo bukan lagi HP atau Acer, melainkan Apple dan Samsung. Keduanya merupakan penguasa di produk tablet dan telepon pintar.

Kedua, Lenovo makin menyadari bahwa umur PC akan segera berakhir menjemput ajal.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha