Minggu, 13/05/2012
Pendiri Facebook Pindah Warga Negara
PENULIS : Erly Susana

Plasadana.com - Eduardo Saverin, miliarder pendiri Facebook, menanggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat, ketika perusahaannya sebentar lagi masuk bursa.

Nilai pasar Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia, diperkirakan US$ 96 miliar atau Rp 864 triliun. Saverin yang ikut mendirikan bersama Mark Zuckerberg memiliki 4 persen saham atau sekitar US$ 3,8 miliar yang setara dengan Rp 34,2 triliun.

Saverin, pria kelahiran Brasil berusia 30 tahun itu, menambah daftar orang kaya yang menanggalkan kewarganegaraan Amerika. Pelepasan warga negara ini akan mengurangi pajak atas hartanya yang berlimpah.

[Pendiri Facebook Raib di Singapura]

Saverin yang kini bermukim di Singapura merupakan satu dari sedikit orang yang membantu Zuckerberg mengawali Facebook saat di Harvard University, Amerika. Mereka akan menjadi miliarder setelah saham Facebook diperdagangkan di pasar modal.

[Inilah Karya Pertama Pendiri Facebook]

"Eduaro (Saverin) saat ini merasa lebih praktis menjadi warga negara Singapura,, sejak dia menyatakan tinggal di negara tersebut untuk kurun waktu yang tak bisa ditentukan," ujar Rom Goodman, juru bicara Saverin, dalam pernyataannya melalui surat elektronik.

Informasi awal rencana Saverin menanggalkan warga negara Amerika, diumumkan oleh kantor pajak Amerika, Internal Revenue Service (IRS). Rencana itu ternyata sudah disampaikan sejak Semptember tahun silam, kata Goodman.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha