Selasa, 15/05/2012
Mengapa Wanita Pimpin Divisi IT Makin Minim?
PENULIS : Erly Susana
Jumlah wanita di divisi IT turun

BERITA PILIHAN

Plasadana.com - Jumlah wanita yang ada di pucuk pimpinan divisi teknologi menurun, menurut survei yang dipublikasikan Reuters. Di tingkat global, hanya 7 persen perusahaan yang menempatkan wanita sebagai pimpinan di divisi tersebut.

Survei dilakukan oleh Harvey Nash Group, perusahaan Inggris yang bergerak di bidang rekrutmen. Hasilnya menyebutkan, tahun ini hanya 9 persen dari seluruh perusahaan di Amerika yang menempatkan wanita sebagai pempimpin di divisi teknologi informasi. Tahun lalu masih 11 persen, dan pada 2010 ada 12 persen.

Sebanyak 30 persen responden menyebutkan bahwa di perusahaannya sama sekali tidak ada wanita dalam divisi teknologi informasi. Padahal sebelumnya, masih ada 50 persen yang berharap wanita mengisi divisi tersebut.

Kendati ada wanita yang mengisi posisi penting di perusahaan teknologi seperti Facebook, Xerox, IBM, maupun Oracle, tapi tidak mengimbas pada perusahaan lain.

"Divisi teknologi informasi sangat tidak menyambut kehadiran wanita," ujar Anna Frazzeto, Senior Vice President pada Divisi Solusi Teknologi Internasional, Harvey Nash USA.

Masalah lain dari langkanya wanita di divisi teknologi informasi, ada prasangka tidak nyaman,  bahwa wanita lebih mengutamakan rencana membangun keluarga alias menikah. Padahal asumsi ini cenderung bias, mengingat banyak perusahaan yang kesulitan mencari pekerja dengan kualifikasi baik di divisi tersebut.

Survei yang dilakukan bersama TelecityCorp ini mewawancari 450 responden yang berasal dari pimpinan teknologi di Amerika. Sebagian besar dari responden mengakui bahwa mereka mengalami kekurangan tenaga kerja dengan kemampuan baik.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha