Jumat, 01/06/2012
12 Kelas dalam Penerbangan Dunia (1)
PENULIS : Erly Susana

Plasadana.com - Kenyamanan dalam perbangan bukan hanya mampu membunuh kebosanan di udara. Ada juga yang melihatnya sebagai status sosial. Kenali kelasnya.

1. Ekonomi Standar

Layanan yang bisa ditemui di kelas ini, tentu juga entertain. Penerbangan United Trans-Pacific hanya menyediakan monitor statis. Tak ada monitor layar sentuh yang menawarkan beragam sajian tontonan.

Tempat duduk bisa dibaringkan? Jika naik Cathay Pacific, jangan harap. Jarak kaki juga jadi persoalan. Pada penerbangan dari dan ke Australia, Malaysian Airline serta Korean Air bisa memberikan ruang pada kaki sekitar 86 sentimeter. Tapi pada penerbangan murah, yang tersedia hanya 66 sentimeter.

2. Ekonomi Plus

Satu tingkat di atas Kelas Ekonomi Standar ini menyajikan ruang kaki sedikit lebih luas. Namun tetap tidak ada sekat antara satu kursi dengan lainnya. Selain itu, ada sedikit tambahan pada pemisah antarbaris tempat duduk. Tak ada lagi kelebihan lain.

Kelas ini pertama kali dipopulerkan oleh United Airlines. Kelas ini bisa dipesan secara khusus bagi konsumen yang tebang secara rutin. Atau, bicaralah dengan manis kepada staf yang mengatur kursi.

Jika ingin mencoba, penerbangan United Airlines yang ke Australia ada kelas ini. Begitu juga dengan Delta Airlines, tapi namanya menjadi 'Economy Comfort' dan Air New Zealand menyebutnya 'Space ++'.

3. Ekonomi Minus

Kalau di hotel di sebut kasur tambahan atau extra bed. Tapi di pesawat, ada kursi tambahan (extra seat). Tak hanya penerbangan murah seperti AirAsia X yang menyediakan, tapi juga ada penerbangan bereputasi seperti Air New Zealand, Emirates, KLM, atau Air France.

Pesawat yang umum mereka gunakan adalah Boeing 777. Kursi keempat pada  baris tengah dipepetkan. Harga tiket yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan tersebut sama dengan  ekonomi reguler. Namun lebih sempit sedikit, sehingga banyak yang menghindari  untuk penerbangan jarak jauh.

4. Ekonomi Premium

Ini kelas tertinggi di kelompok ekonomi. Penumpang bisa menikmati kursi dan layanan lebih baik ketimbang kelas ekonomi. Begitu juga dengan makanan dan minuman yang disajikan.

Virgin Atlantic sudah melayani kelas ini sejak 1992. Begitu juga dengan British Airways yang memberikan layanan mirip Kelas Bisnis.

Tapi secara internasional, layanan Qantas dan Virgin untuk kelas ini layak dipuji, karena lebih baik dibanding lainnya. Walaupun, Air New Zealwnd memberikan jarak tambahan 15 sentimeter pada ruang kaki. Pemain terakhir di kelas ini adalah Cathay Pacific.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha