Minggu, 20/05/2012
Ruchi Sanghvi: Wanita Pioner di Facebook (1)
PENULIS : Erly Susana

Plasadana.com - Saat bergabung dengan Facebook pada tahun 2005, Ruchi Sanghvi baru berusia 23 tahun. Di sinilah wanita keturunan India ini menjadi ahli teknik wanita pertama di perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Tugas yang diemban oleh Sanghvi adalah membuat news feed, saluran berita di Facebook. Dari situ, dia menyaksikan bagaimana Facebook tumbuh dari sebuah start-up kecil, pemula di industri digital, menjadi raksasa jejaring sosial. Bahkan terbesar di dunia.

Di balik kesuksesannya di Silicon Valley itu, perjalanan yang dialami Sanghvi tidak mudah. Ketika memilih dunia teknik yang akan digeluti, dia harus berhadapan dengan pandangan kolot.

"Ketika itu banyak orang bertanya. Apakah saya akan menggulung lengan baju saya, atau memakai semuanya dan bekerja di lantai pabrik," tuturnya kepada BBC.

Kini Sanghvi merasakan, menjadi wanita dan ahli teknik sangat membantu pengembangan karirnya. "Saat ini persepsi orang tentang teknis rekayasa sudah berubah. Pekerjaan ini sekarang, jauh lebih fleksibel dalam beberapa tahun terakhir," katanya. [8 Keistimewaan Silicon Valley] Lebih lanjut dia menuturkan, perusahaan-perusahaan di Silicon Valley mengenalkan ide-ide progresif. Kebijakannya pun menyenangkan, karena memberikan keseimbangan pada fasilitas di dunia kerja yang sama antara pria dan wanita.

Di lingkungan kantornya, kata Sanghvi, fasilitas cuti tambahan bagi wanita beranak, fleksibilitas jam kerjal, serta fasilitas perawatan anak di kantor, telah berkembang baik. Namun dia menegaskan, pada saatnya kelak, wanita harus memilih.

Saat ini, katanya, banyak wanita menikah yang memilih berhenti berkarir sebelum waktunya. Padahal belum juga hamil atau bahkan, belum siap untuk punya anak.

"Filosofi saya, saat ini bekerja sekuat-kuatnya sampai akhirnya siap untuk masuk ke babak berikutnya. Memang harus ada yang dikalahkan," tandasnya, seolah ingin menegaskan alasannya mundur dari Facebook pada 2010.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha