Minggu, 20/05/2012
Ruchi Sanghvi: Wanita Pioner di Facebook (2)
PENULIS : Erly Susana

Plasadana.com - Awal bekerja di Facebook tujuh tahun silam, Ruchi Sanghvi berkantor dari sebuah ruang kecil di bagian atas restoran China di Palo Alto. Saat awal masuk pada musim semi 2005 itu, dia tidak pernah tahu akan jadi seperti apa kantornya.

Sanghvi meninggalkan Facebook pada tahun 2010. Dia membangun Cove, perusahaannya sendiri bersama suaminya, mantan Direktur Teknik di Facebook. Ketika itu mereka masuk bersama.

Pada Februari 2012, Cove dibeli oleh Dopbox. Pada usianya yang ke-30 tahun itu, dia menempati posisi Vice President of Operations di perusahaan yang sudah dibeli tersebut.

Kini, dia tidak hanya menangani Cove. Dengan jabatan yang sama, Sanghvi mengelola Dropbox. Kini, bagaimana pandangannya terhadap Facebook yang sudah jadi perusahaan publik?

Menurut Sanghvi, Facebook harus mempertahankan "gerak cepat dan terobos segalanya (rintangan)". Dalam pandangannya, Facebook merupakan perusahaan yang sangat berbeda dengan lainnya. "Kita tidak pernah tahu batas potensi yang kita miliki," katanya kepada BBC.

Dengan segala kreatifitas di Facebook, "Kami memutuskan untuk membangun sebuah tempat, di mana masyarakat saling terhubung dan berkomunikasi bersama teman dan keluarganya."

Tentang tugasnya sendiri di Facebook, yaitu news feed yang dikembangkan bersama dua rekannya, kata dia, bertujuan membuat sebuah media harian yang dinamis dan disesuaikan dengan segmentasinya.

Ketika pertama kali layanan news feed diluncurkan, jumlah pengguna Facebook masih 10 juta. Kini, sudah sekitar 900 juta dan masuk bursa.

"Tapi Facebook bukan sekadar uang," ujarnya. Facebook adalah kolaborasi etos kerja, dimana orang memiliki kebebasan berkarya apa saja

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha