Senin, 21/05/2012
Harga Pendiri Facebook Hanya 3 Juta
PENULIS : Aci Ananda

Plasadana.com - Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang diperkirakan baru saja memiliki kekayaan triliunan, ternyata hanya seharga Rp 3,375 juta.

Sebenarnya ini berhubungan dengan penawaran saham perdana Facebook, Jumat minggu lalu. Yakni sebuah patung berukuran 17,8 sentimeter Mark Zuckerberg yang dijual bersamaan dengan hari perdana Facebook masuk bursa, tidak selaris sahamnya.

Perusahaan lelang online, eBay, menjual produk miniatur Zuckerberg, yang dibuat oleh M.I.C. Gadget. Seperti dilansir Reuters, patung kecil berpenampilan Zuckerberg dengan sepatu kets khasnya, sepi penawar. Bahkan dalam delapan jam, tak satu pun yang menyampaikan minat, kendati pengguna situs jejaring sosial itu mencapai 900 juta.

Ternyata para kolektor lebih tertarik dengan barang yang dibanderol dengan nama Facebook. Sebut saja sweater berpenutup kepala, khas pakaian Zuckerberg.

Patung mini itu hanya satu dari ratusan memorabilia Facebook yang dijual. Selain itu, ada juga lambang jempol khas Facebook yang terbuat dari karet seharga US$ 7,95.

"Membeli memorabilia Facebook hanya buang-buang waktu," ujar James Halperin, Wakil Ketua Lelang Peninggalan Bersejarah di Dallas, Texas. "Hanya sensasinya saja yang besar."Diakui juga, untuk dokumen-dokumen asli Facebook atau Zuckerberg akan mendatangkan pembeli berkantong tebal.

Namun bagi Douglas A. McIntyre, pengelola situs 24/7 Wall Street, yang perlu dilihat adalah hubungan barang yang dijual dengan waktu. Misalnya, tanda terima dari Merrill Lynch ketika membeli saham Facebook walaupun sekadar 100 lembar, pasti akan bernilai.

"Itu layak koleksi. Sebagai bukti bahwa Anda hadir di hari pertama Facebook masuk bursa," ujarnya.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha