Selasa, 22/05/2012
Warga Inggris Makin Minim Tabungan
PENULIS : Nur Cahyo

Plasadana.com - Sebuah laporan mengejutkan datang dari Scottish Widow, perusahaan keuangan dari Inggris. Jumlah warga Inggris yang menabung untuk pensiun makin minim.

Laporan yang dipublikasikan oleh The Telegraph itu menyebutkan, ternyata hanya 46 persen karyawan di Inggris yang menyisihkan dananya untuk pensiun. Salah satu pemicunya adalah makin sedikit perusahaan di negara tersebut yang menyediakan dana pensiun bagi karyawannya. Padahal menyiapkan pensiun menjadi sangat penting guna mempertahankan tingkat kesejahteraan yang ada sekarang.

Berdasarkan catatan Asosiasi Konsultan Aktuaria (ACA), hanya seperlima perusahaan yang memberikan skema pensiun bagi karyawannya. Keuangan mereka makin merasakan beban berat untuk memenuhi kewajiban itu.

Temuan lain yang diungkap oleh Scottish Widow: tiga dari empat warga Inggris sudah menghentikan investasi untuk pensiun. Bukan tak ingi, tapi masih ada kebutuhan penting lain yang harus didahulukan, di atas tabungan. Dari 5.200 responden yang diwawancarai, kebanyakan membayangkan betapa tingginya biaya untuk hidup di masa pensiun. Dari survei diketahui, tahun ini biaya pensiunan yang nyaman ketika berusia 70 tahun, sebesar Rp 360,87 juta per tahun. Jumlah ini sudah mengalami kenaikan sekitar Rp 3 juta dibandingkan tahun lalu.

Ian Smith, Kepala Pengembangan Pasar Pensiun pada Scottish Widows menuturkan, kondisi ini bisa jadi peringatan yang mengkhawatirkan. Sementara ekspektasi tingkat kesejahteraan warga Inggris masih sangat tinggi.

Padahal, dari survei ditemukan bahwa rata-rata tabung pensiun warga Inggris saat ini hanya mampu untuk membiayai masa pensiun sebesar Rp 83,95 juta. Mungkin bisa dimaklumi juga, mengingat santunan pensiun dari pemerintah sudah menurun

Dalam hitungan Scottish Widows, kalau warga Inggris mau mengamankan tingkat kesejahteraannya seperti sekarang, mereka mesti menambah tabungan pensiun sebesar Rp 5,52 juta per bulan.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha