Rabu, 23/05/2012
Akhirnya Google Jadi Masuk Bisnis Ponsel
PENULIS : Aci Ananda

Plasadana.com - Google Inc., akhrnya menuntaskan akuisisi Motorola Mobility Holnding seharga US$ 12,5 miliar atau Rp 112,5 triliun. Transaksi ini memastikan Google masuk bisnis telepon selular.

Terkait dengan rencana integrasi, Kepala Eksekutif lama, Sanjay Jha, turun takhta. Dia digantikan oleh Dennis Woodside, mantan Presiden Google untuk wilayah Amerika. Tugas utama Woodside, seperti dikutip Reuters, akan memimpin masa transisi terkait dengan rencana integrasi Motorola dengan Android.

Penuntasan transaksi ini terjadi hanya beberapa hari setelah Google mendapatkan izin dari pemerintah China. Sedangkan izin dari regulator Eropa dan Amerika diperoleh pada Februari.

Untuk mendapatkan izin dari Negeri Tirai Bambu itu, Google harus membuat perjanjian. Yakni, piranti lunak telepon bergerak Android tetap terbuka dan gratis, minimal dalam lima tahun ke depan. Jika setelah itu lisensinya harus berbayar, maka perusahaan tersebut harus memastikan harganya masuk di akal.

Jennifer Erickson, Juru Bicara Motorola mengungkapkan, Woodside akan merealisasikan konsep: Fewer, Bigger Bets.

Inti dari konsep ini adalah strategi simpel atau sederhana. Namun, produk ponsel Motorola yang akan diluncurkan besar, karena sudah menjadi anak perusahaan Google.

Woodside yang diberikan tanggung jawab besar itu, langsung merekrut eksekutif dari luar. Tampak ada nama Vanessa Wittman, mantan Direktur Keuangan Marsh & McLennan Cos Inc. Kini, posisinya sebagai Direktur Keuangan Motorola Mobility.

Sementara Mark randall, mantan Vice President Amazon untuk jaringan pasokan, dipercaya mengurusi tugas yang sama, tapi posisinya naik sebagai Kepala. Ada dua eksekutif lama yang dipertahankan, yaitu Iqbal Arshad yang mengepalai divisi pengembangan produk dan Dan Maloney.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha