Rabu, 23/05/2012
Indonesia Dibanjiri Mobil Impor
PENULIS : Hikmatul Adrianto
Sedan mayoritas berasal dari impor

Plasadana.com - Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyebutkan, lebih dari 90 persen sedan yang dijual di dalam negeri merupakan kendaraan impor.

Menurut Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo, impor dilakukan dalam bentuk terurai maupun utuh. Ini terjadi lantaran rendahnya produksi dalam negeri.

"Dari data empat bulan pertama tahun ini terindikasi bahwa impor sedan mencapai 96,23 persen, sedangkan produksi lokal hanya 3,77 persen," kata Sudirman di Jakarta, Rabu (23/5/2012), seperti dilansir kantor berita Antara.

Akibat tingginya impor sedan ini, lanjutnya, industri komponen yang memasok ke pabrikan sedan (OEM/original manufacturer equipment) di dalam negeri tidak berkembang. "Situasi seperti ini sangat ironis karena sebagian besar agen pemegang merek di Indonesia memiliki sejumlah produk sedan," katanya.

Tidak berkembangnya pabrik perakitan dalam pandanan Sudirman, karena struktur pajaknya tidak harmonis. "Ini memicu tingginya impor," paparnya.

Ia juga menjelaskan potensi pasar sedan di dalam negeri sebetulnya cukup besar, tapi struktur tarif di hulu tidak memungkinkan pasar sedan untuk berkembang.

"Untuk itu, struktur tarif perlu segera dibenahi. Kami berharap regulasi penghapusan tarif IKD bisa keluar pada tahun ini," tuturnya.

Sudirman berpendapat penghapusan tarif IKD belum cukup mendorong produk sedan di dalam negeri menjadi kompetitif, karena pajak penjualan barang mewah (PPnBM) pada segmen sedan masih sangat tinggi.

"Sedan dengan mesin bensin hingga 1.500 cc masih dikenakan PPnBM 30 persen, sedangkan 1.501-3.000 cc sebesar 40 persen dan di atas 3.000 cc sebesar 70 persen. Tanpa penyesuaian PPnBM, rasanya sulit harga sedan memenuhi skala keekonomian," ucapnya.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha