Jumat, 25/05/2012
Demam Tablet Murah Berakhir
PENULIS : Aci Ananda

Plasadana.com - Produk tablet milik Amazon, Kindle Fire kehilangan pasar sangat besar. Konsumen kembali ke pangkuan Apple melalui iPad.

Data yang dirilis oleh Data International Corporation (IDC) menyebutkan, sepanjang kuartal pertama tahun ini, pangsa pasar Kindle di dunia anjlok menjadi 4 persen dari 17 persen pada Desember tahun lalu. Sebaliknya, pasar iPad naik dari 55 persen  menjadi 68 persen.

Untunglah tablet Kindle dilego murah. Yakni, separuh dari harga iPad dengan spesifikasi paling rendah. Dengan begitu, produk Amazon yang menggunakan sistem operasi Android itu masih bisa menduduki peringkat kedua, saat baru keluar tahun lalu.

Namun Colin Gillis, analis dari BGC Partners LP., tak mau berburuk sangka dengan penurunan pangsa pasar Kindle. Bisa jadi, katanya, gara-gara konsumen menahan pembelian lantaran menunggu versi baru. Dia mencatat, penjualan Kindle mencapai puncaknya pada Desember tahun lalu, saat banyak yang membeli sebagai hadiah.

"Penurunan daya beli Kindle terjadi enam bulan setelah produk tersebut diluncurkan," ujar Gillis, saat wawancara dengan Bloomberg. "Ini lumrah terjadi."

Total tablet yang dikapalkan pada kuartal pertama 2012, meningkat lebih dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Yakni, dari 7,9 juta unit menjadi 17,4 juta unit.

Dari tablet yang didistribusikan ke seluruh pasar di dunia itu, produk tablet dari Samsung ada di urutan kedua. "Kesuksesan Android di telepon pintar ternyata tidak bisa mengangkat produk tabletnya," ujar James Kelleher, analis dari Argus Research di New York. Di pasar telepon pintar, Samsung yang menggunakan sistem operasi Android ada di urutan pertama.

Kindle kini hampir tidak masuk radar. Demam produk yang awalnya dijual murah itu telah berakhir.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha