Jumat, 15/06/2012
Misteri Safra (1): Keluarga Bankir Terkaya Dunia
PENULIS : Nur Cahyo

Plasadana.com - Dalam catatan Forbes, Joseph Safra adalah bankir terkaya di dunia. Pria dari DInasti Safra yang sudah jaya sejak era Utsmaniya ini, disebut misterius. Bagaimana kisahnya?

Menurut hitungan Forbes, kekayaan pria berusia 73 tahun ini mencapai US$ 13,8 miliar atau Rp 124,2 triliun. Kelompok usahanya adalah Grupo Safra, yang bermarkas di Brasil, tempat Joseph menjadi warga negara.

Safra, sebuah nama bermakna kuning atau emas dalam bahasa Arab. Entah kebetulan atau tidak, mengingat keluarganya di masa lampau, zaman Kerajaan Utsmaniyah, berbisnis emas dalam lintasan perdagangan Timur Tengah.

Namun pada akhirnya, Dinasti Safra makin jaya dan terkenal dengan dengan bisnis perbankan, yang sudah diawali oleh buyut Joseph Safra. leluhur keluarga campuran Libanon dan Yahudi ini merupakan bankir kepercayaan Keajaan Utsmaniyah, terutama untuk memfasilitasi perdagangan antara Amexandria, Aleppo dan Istanbul.

Ketika Dinasti Utsmaniyah runtuh di awal abad 20, Jacob Safra, ayah Joseph Safra, memisahkan diri dari bisnis keluarga, Safra Freres et Cie. Dia membuka Jacob E. Safra Bank di Beirut.

Edmond Safra, kakak Joseph, ikut dalam bisnis baru tersebut di usianya yang baru menginjak 16 tahun. Dengan cepat, Edmond langsung memegang kendali bisnis di divisi metal.

Pada tahun 1952, Jacob memindahkan markas bisnisnya ke Sao Paolo, Brasil. Baru tiga tahun kemudian, operasional di Brasil resmi dibuka, dengan nama Safra SA, yang saat ini bernama Banco Safra de Investimento.

Tak berhenti sampai di sini, Edmond merambah ke Jenewa, Swiss untuk mendirikan Trade Development Bank. Dengan modal US$ 1 juta, bank tersebut terus tumbuh hingga memiliki aset US$ 5 miliar pada tahun 1980-an.

Amerika jadi sasaran berikutnya. Republic National Bank of New York berdiri. Lagi-lagi sukses besar diraih. Pertengahan tahun 1980-an, bank tersebut ada di urutan ketiga setelah Citigroup dan Chase Manhattan dari segi kuantitas cabang di New York.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR


  • levitra says :
    http://www.levitradelightful.com/ - buy levitra pills - order levitra



  • Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

    Nama
    Email
    Komentar
    Isi Captcha