Kamis, 14/06/2012
Harga Emas Bisa Terkoreksi Sesaat
PENULIS : Fahmi Anwari

Plasadana.com - Harga kontrak berjangka emas diperkirakan dapat terkoreksi sesaat pada perdagangan hari Kamis ini (14/6).

Hingga pukul 09.00 WIB, harga emas sudah turun 0,10 persen menjadi US$ 1.617 per ons troy. Koreksi tipis ini terjadi karena sentimen pemangkasan peringkat utang Spanyol, penurunan angka penjualan ritel di Amerika Serikat (AS), serta terus melorotnya harga minyak.

Namun, dalam jangka panjang, harga kontrak emas dalam tren kenaikan lantaran para investor memilih mengamankan dananya di instrumen-instrumen safe haven di tengah memburuknya perekonomian dunia. Terbukti, pada perdagangan Rabu malam tadi, harga emas sempat mencapai level US$ 1.619 per ons troy. Harga emas sudah naik empat hari berturut-turut, yang merupakan reli terlama sejak awal tahun ini.

Sementara di dalam negeri, harga emas batangan bertahan di level Rp 544.000 per gram dan Rp 12,67 juta untuk emas berbobot 25 gram.

Beberapa indikator yang mempengaruhi bursa saham hari ini:

Moody’s memangkas peringkat utang Spanyol sebanyak tiga strip menjadi Baaa3 dari A3 karena melemahnya ekonomi dan peningkatan utang negara tersebut.

Angka penjualan ritel di AS pada bulan Mei 2012 turun 0,2 persen.

Hasil pemilihan umum di Yunani tanggal 17 Juni 2012. Salah satu kandidat perdana menterinya berharap Uni Eropa akan mempertahankan keanggotaan Yunani.

Seorang pejabat AS menyatakan negara-negara G20 kemungkinan tidak akan mengumumkan perkembangan penting terkait krisis Eropa, dalam pertemuan di Los Cabos, Meksiko, 18 Juni mendatang.

Harga minyak mentah turun 0,3 persen menjadi US$ 82,41 per barel.

Bank Indonesia tetap mempertahankan level BI rate sebesar 5,75 persen.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha