Jumat, 21/09/2012
Lima Resep Mengumpulkan Donasi Secara Online
PENULIS : Peppy Ramadhyaz

JAKARTA - Lupakan kotak sumbangan atau amplop yang diedarkan di tempat umum. Di era internet, mengumpulkan donasi untuk kegiatan sosial cukup dengan sekali klik. Pembayarannya bisa ditransfer melalui beragam cara, dari kartu kredit hingga akun khusus di beberapa situs penyedia layanan pembayaran.

Namun tak semua situs donasi online sukses menggaet kaum filantropis. Lantaran situs yang kurang menarik atau diragukan kredibilitasnya, para donatur potensial ogah menyisihkan dananya. Lalu, apa saja tipsnya?

1. Aspek legal

Poin ini paling krusial. Anda harus mendapat izin dari pihak berwenang seperti Kementerian Sosial, pemerintah daerah bahkan Kepolisian sebelum mengoperasikan  
situs donasi online. Cari tahu, apa saja syarat legal yang harus anda penuhi dan siapkan biayanya.

2. Promosi

Agar para donatur mengetahui kegiatan anda, sering-seringlah berpromosi. Jangan tunggu mereka datang dan ambil strategi jemput bola. Tak perlu menggelar  acara berbiaya besar, manfaatkan relasi anda di jejaring sosial semacam Facebook atau Twitter. Tautkan URL situs anda dalam status Facebook atau dalam  posting tweet. Jangan lupa untuk bergabung dengan mailing list para pekerja sosial.

3. Rancang tampilan yang menarik

Untuk menarik minat donatur, tak perlu website yang terlalu mewah dan cangggih. Resep utamanya ialah laman antarmuka yang menarik dan gampang dimengerti.   Rancang cara yang mudah agar waktu para calon donatur tak tersita saat membuka situs anda. Situs itu harus bisa digunakan oleh berbagai segmen pengguna  internet. Jangan lupa, buat tombol "salurkan donasi" dengan bentuk yang besar, agar mudah ditemukan dalam sekali pandang.

4. Beri pilihan

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk beramal. Agar mudah mengkomunikasikan kegiatan kita, berikan banyak pilihan pada calon donatur. Teknis operasi  lembaga sosial besar seperti Palang Merah Indonesia bisa menjadi contoh.

5. Ajak para relawan

Libatkan para relawan dan pekerja sosial yang memiliki kredibilitas baik dalam kegiatan anda. Tautkan link situs anda pada akun Facebook atau Twitter yang  mereka miliki. Keterlibatan mereka bisa mengundang minat para calon donatur. Bahkan, para relawan ini juga tak segan mengeluarkan sumbangan.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha