Rabu, 24/10/2012
Tiga Cara Mencuri Hati Bos
PENULIS : Peppy Ramadhyaz

Plasadana.com - Jika ingin menjadi karyawan yang sukses, kita tentu harus bisa menyenangkan hati atasan. Banyak cara untuk memenangkan perhatian dari pimpinan, mulai dari cara jujur, menjilat hingga trik-trik curang yang tak layak dilakukan.

Agar bisa mencuri hati bos, Business Insider punya tiga tips jitu. Cara-cara ini dipraktekkan karyawan yang bekerja di perusahaan-perusahaan "Fortune 100" dan menuai sukses. Tanpa harus menjilat atau curang, ini dia trik untuk memenangkan perhatian atasan.

1. Jalankan tugas tanpa mengeluh

Karyawan yang menjadi pemenang adalah yang bisa menyelesaikan masalah dan menuntaskan pekerjaan. Sebaliknya, karyawan yang kerap mengeluh akan menularkan aura buruk yang mengganggu seisi kantor. Setiap pimpinan akan menghargai orang yang bekerja tanpa mengeluh.

Jika Anda ingin dihargai atasan secara profesional, jangan pernah membawa keluhan ke kantor dan selesaikan setiap tugas dan tantangan.

2. Muncul sebagai team leader dan inovator

Jangan segan untuk mengemukakan ide dan menjadi pelopor atas sebuah inovasi di kantor. Hampir setiap bos akan menghargai dan memperhatikan orang yang penuh ide.

Tak apa jika sekali-sekali Anda dianggap terlalu dominan. Tapi siap-siap untuk menginjak rem, jangan sampai orang lain menganggap Anda penjilat dan tukang cari muka. Buktikan juga bahwa Anda bukan cuma pelontar ide, tapi juga eksekutor yang baik.

3. Mengajak bos berdiskusi dan mengevaluasi pekerjaan

Bagi yang tak biasa, terutama orang Indonesia yang penuh rasa sungkan dan ewuh pakewuh, cara ini terlalu berani. Namun di perusahaan-perusahaan besar para karyawan biasa meminta waktu untuk berdiskusi dengan atasan untuk mengevaluasi kinerja tim secara berkala.

Meski bukan pimpinan satu tim, tak salah jika Anda memberi penilaian atas kinerja yang dilakukan selama ini. Siapkan beberapa data pendukung yakni pencapaian dan prestasi dalam waktu tertentu, inovasi yang mungkin dilakukan di masa mendatang serta sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakannya.

Jika ketiga hal itu dilakukan, bukan tak mungkin Anda yang akan duduk di kursi bos dalam waktu singkat.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha