Rabu, 17/04/2013
Harga BBM Bakal Naik, Ini Alasannya
PENULIS : Heru

PLASADANA.COM - Mengapa pemerintah begitu ngotot mau menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi? Begini ceritanya.

Seperti dituturkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, salah satu alasannya adalah akibat terus jebolnya angka kuota BBM bersubsidi yang telah dianggarkan dalam APBN. Untuk BBM bersubsidi jenis solar misalnya, pada kuartal I tahun 2013 telah melebihi kuota sebesar 105,2 persen.

Nah, penyebab jebolnya BBM bersubsidi ini, katanya, akibat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selalu berada di kisaran 6 persen. "Ekonomi kita tumbuh bagus di atas 6 persen, di saat negara-negara lain berada dibawah angka tersebut," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/16).

Selain itu, lanjut Jero, penyebab lain adalah akibat semakin meningkatnya jumlah kelas menengah Indonesia. Peningkatan ini mengakibatkan jumlah permintaan kendaraan semakin meningkat.

"Kelas menengah tumbuh pesat mencapai 45 juta orang. Kemajuan selalu menimbulkan konsekuensi," ungkap Jero.

Begitulah kira-kira alasannya. Karena itu, pemerintah bakal menaikkan harga BBM bersubsidi, tapi khusus bagi pemilik mobil pribadi. Harga baru yang bakal diberlakukan kemungkinan Rp 6.500 per liter.

Penulis: Heru Budhiarto

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha