Rabu, 12/06/2013
Bisnis Ustaz Yusuf Mansur di Mata OJK
PENULIS : Heru

PLASADANA.COM - Kendati bisnis investasi yang dilakukan oleh ustaz kondang Yusuf Mansur beromset miliaran dan melibatkan banyak nasabah, tapi rupanya tidak masuk dalam pengawasan OJK.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sri Wahyuni Widodo mengatakan, pihak-pihak yang berada dalam pengawasan dan otoritasnya hanya badan usaha bukan atas nama pribadi. Sehingga, kata dia, bisnis yang dilakoni oleh  Yusuf Mansur bukan wilayah kewenangan OJK untuk mengawasinya.

"Kalau secara aturan, bisnis yang dijalankan Ustaz Yusuf Mansur bukan merupakan wewenang OJK untuk mengawasinya," ujar Sri di Jakarta, Selasa (11/6).

Untuk itu, lanjut Sri, risiko yang akan diterima masyarakat atas keikutsertaan dalam bisnis tersebut menjadi tanggung jawab masyarakat sepenuhnya. Karena, kata dia, OJK tidak dapat terlibat dalam pengawasan ataupun perlindungan dalam bisnis kolektif tersebut.

"Makanya secara preventif kami terus ingatkan masyarakat agar memahami produk dan risiko sebelum melakukan investasi," ucap Sri.

Meski demikian, lanjut Sri, pihaknya bisa saja melakukan tindakan atas praktek bisnis yang dilakukan oleh Ustaz Yusuf Mansur. Asalkan, kata dia, terdapat banyak pengaduan dari masyarakat terkait adanya penyimpangan atas praktek bisnis tersebut.

"OJK tidak bisa langsung mengatakan itu ilegal atau tidak, harus diteliti apakah ada aturan hukum yang dilanggar atau tidak," tandas Sri.

Sekadar informasi, ustad Yusuf Mansur membuka bisnis investasi yang dikelolanya sendiri tanpa memakai lembaga apapun.

Rencananya Ustaz Yusuf Mansur akan membangun Hotel apartemen Haji dan Umroh yang biayanya sebesar Rp 150 miliar. Untuk membiayai pembangunan tersebut ustad Yusuf Mansur membagi kedalam 12.500 lembar patungan usaha yang harga tiap lembarnya senilai Rp 12 juta.

Peserta Patungan akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil sebesar 8 persen per tahun dari modal yang di investasikan. Selain itu, peserta akan mendapatkan pengembalian dana investasi (CASH BACK) setelah 10 Tahun, selanjutnya peserta tetap mendapatkan bagi hasil usaha.

Penulis: Heru Budhiarto

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR


  • Hendra says :
    Saya Hanya MENGINGATKAN MENDAPATKAN UANG DARI MEMBLOW UP SUATU AGAMA ADA HUKUMNYA DAN HUKUMANNYA ITU SAJA PESAN SAYA MAKASIH
  • wijhatul haq says :
    amin semoga sukses semua
  • wijhatul haq says :
    aminn saya juga mendoakan agar sukses
  • PlasdanCOK says :
    PLASANADA WEB TIDAK BERMUTU DAN BERBOBOT DIKEMAS DALAM BALUTAN YANG NORAK DAN PENULIS YANG BODOH
  • udin says :
    siap2 di hack plasadana.com .. let see..
  • udin says :
    Heru Budhiarto ente berteman dengan Jaringan ISLAM LIBERAL ya... udah ngaku aja deh. JIL yang menghalalkan segala cara atas nama agama ISLAM dan isinya orang-orang MUNAFIK
  • udin says :
    para penanam modal / asetnya itu melakukan karena keimanannya tidak melihat nilai keuntungan semata. Jujur ane salah satu pemodal/penanam aset di YM. Ane liat sendiri dan dateng sendiri ke PONPES YM, dan ane liat hasil jerih payah YUSUF MANSUR yang mencetak pada HAFIDZ dan HAFIDZOH (penghafal quran). Dia pengusaha untuk dunia dan akhirat.
  • arka says :
    semoga bisa dapat jawaban dari http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/06/16/mohi9f-berjamaah semoga penulis mendapat hidyah dariNYA
  • muhdi says :
    mikirin untung mulu sih, ga pernah mikirin akhirat lho!!!!!!
  • ninik says :
    itulah bodohnya sipenulis,tulisan anda menunjukkan kalau anda tidak terhormat,untung...untung aja yang ada diotaknya,meskipun uang kita nggak kembali nggak pa pa.....itulah sedekah....semoga anda bisa belajar lebih dan belajar lebih baik lagi.....
  • irwan says :
    maaf ada yang tidak anda ketahui point utamanya :bagi kita para investor sdh ikhlas,sudah tidak mengharapkan apa2lagi ,apa yang kita investasikan mau untung alhamdulillah,mau rugipun juga nggak masalah,niat kita hanya saling membantu antar umat....investasi diyusup mansyur sdh kita anggap sedekah...
  • reza says :
    tipe orang SMS nih (Susah Melihat orang Senang) / senang melihat orang susah,bawaan'y iriiiiii mulu liat bisnis orang sukses.payah.... @konclenk : sy setuju, ga perlu diawasi OJK,bisnisnya pak Ustadz diawasi ALLAH SWT langsung.
  • desi says :
    plasadana yang punya non muslim..basmi aja
  • Muslim says :
    Orang-orang munafik pada takut kan sama muslim yang mulai sukses, justru inilah bisnis yang halal, tanpa perantara yang berbunga-bunga dan beribet-ribet. Maju terus ustadz Yusuf Mansyur, selama masih diridhoi Allah pasti akan selamat dan dilindungi oleh-Nya. InsyaAllah.
  • andi says :
    Plasadana punya non muslim...siap dibasmi
  • bagus says :
    inilah kadang diberikan penjelasan dengan terang benerang secara hukum investasi malah larinya jalan allah ya nggk ketemu man,,,sungguh sangat picik kita memicikan orang yang benar2 memberikan penjelasan yang baik,,,malah bilang tulisan orang nggk bobot segala,,yang nggk bobot ketika kita diberikan penjelasan terang benerang terus kita nggk memahami apa kata yang memebrikan penjelasan,,jadi terkesan jaka sembung bawa golok,
  • rohmat says :
    ingat ya penulis ini kita murid yusuf mansur sangat sakit atas artikel atau berita ini....yakin lilahitaala alloh yang selalu mengawasi semuanya...
  • sayalah says :
    makanya pak harry, sebelum dibuat artikel baca dulu biografinya, kalo bisa lihat tuh cara" berbisnis Ust. YM di youtube yang 41 episode, kalo anda islam, pasti taubat deh lihat cara berbisnisnya. orang yang lebih mmentingkan urusan duniawi memang begini, bukan kewajibannya sebagai hamba Allah yang lebih diutamakan, malah urusan dinuawi yang terus dikejar
  • HeruBudhiartoNGATELIcuk says :
    Jgn terpancing sama posting yang berbau provokasi... yang posting ini cma orang yang ingin memecah belah bhineka tunggal ika bangsa ini ... ni orang hanya seongok daging busuk yang perlu di musnahkan dari tanah indonesia... dia kemungkinan keturunan dari ibu jepang dan bapak belanda dan jadinya Heru Budhiarto penghancur bangsa... semoga teman teman janggan terprovokasi dengan berita ini.
  • Tobat.online.cm says :
    Harusnya lembaga penjamin mikir. Proses untuk bergabung dengan OJK mudah tidak? atau banyak sogok sana, sogok sini. kan buka rahasia umum lagi, di Indonesia Birokrasinya berbelit-belit. Setiap pintu minta jatah untuk memuluskan ijin. Lha wong mencairkan dana untuk bantuan aja disunat. Apalagi urusan begini. kalo masyarakat percaya dengan bisnis nya Yusuf mansur, mungkin Yusuf mansur tidak percaya dengan OJK. Atau lembaga lainnya.
  • Tobat.online.cm says :
    ALLAH SWT Menyuruh ummatnya tuk percaya kepada-NYA, ttpi Ikhtiar perlu dilakukan untk ttp menyempurnakan Kepercayaannya. dlm hal ini, boleh melakukan bisnis dengan niat ibadah, ttpi Kewajiban Pengelola hrs ttp melakukan ikhtiar baik kpd ALLAH maupun kepada Lembaga Yang berwenang. Disatu sisi, seharusnya lembaga Penjamin Seperti OJK Harus tetap professional. Kenapa OJK tdk dilirik oleh pelaku bisnis? Pasti ada Alasannya. Bisa jadi krn OJK tidak Professional krn ada Suap dlm setia prosesnya.
  • Hasrudin says :
    miko golongan-mu mengkritisi golongan kami, resiko kamu bagian dari golongan kafir
  • muslim kalimantan says :
    santai aja kawan2 nanggapinnya. ini lah yg mereka (kapitalis) takutkan. (bisnis cara syariah menguasai dunia)
  • anti iri dengki says :
    aiishshh si Herry Gunawan iri dan dengki ya?? ente mau provokasi ?? kalo ente ga biasa sedekah ga usah deh bikin provokasi ?? mkanya tanya dulu dan cek ricek dulu dong sebelum bkin artikel ? mkirin untung mulu sih ga pernah mikirin akhirat lu. hanya kata GOBLOK yg pantas buat Herry Gunawan
  • semogawebnyasepi says :
    terus bangkrut :D
  • Asep Bali says :
    Pak Herry Gunawan,..... tolong di simak komentar- komentar yang ada,.. biar bisa interopeksi diri Bapak telah melukai hati orang banyak dengan cara bahasa anda yang menyudutkan orang lain
  • adLi says :
    plasadana.com tu ngiri kaLi y, website TAK BERMUTU... Toh uang yg ane investkan bukan uang ente.... kLo ad untung bagi ane y ALhamduLiLLah, kLo pengen ane sedekahkan y terserah ane, ane iKLas kaLo uang ane dipakai untuk kebaikan, dr pd masuk ke saku para koruptor. sang preman daLam seLimut.... seakan2 demi Rakyat tp dwit rakyat diembat untuk memperkaya diri dn kLuarga, Mending investasi di jalaN Ibadah.....ato ikLasin sj sedekah untuk kebaikan, Nih org gk takut diLaknat Allah kaLe y,
  • romancouple says :
    Dirugikanpun, Insya Allah para investor itu udah ikhlas, untuk membantu merealisasikan hotel khusu jamaah haji yang tentu harganya lebih murah. tentu ini program umat, bukan materialistik semata. Plasadana gak usah iri dengan antusias para investor kepada YM tanpa lembaga, karena insya Allah gurunya YM itu bukan George soros, melainkan Rasulullah SAW. + ekonom dunia yang selaras dengan Sunnah Rosul, Insya Allah akan berkah, Amiiiiiiiiiiin.
  • chaduk says :
    ada upaya penggiringan opini publik nih, tapi sayang publik lebih percaya sama ustadz Yusuf Mansur yah. gagal yah pak Heri artikelnya ? mungkin lain waktu bisa dicoba lagi, diberi lebih banyak lagi bumbu provokatifnya deh. Tapi jangan deh, ngelawan Pak Ustadz yg jumlah ibadahnya lebih banyak dari Pak Heri, Pak ustadz dibelain umat sama Allah.swt loh
  • Hamba Tuhan says :
    Ini bukan masalah dosa pahala, bung! Ini masalah peraturan! Apa ada jaminan kalau seorang ustad gak mungkin melanggar peraturan? Lagipula lembaga pemerintah ini kan untuk menjamin masyarakat juga supaya gak tertipu. Jangan mentang-mentang ustad jadi dibelain padahal melanggar peraturan. Cobalah dipake otaknya untuk mikir sebentar.
  • Hari-hari Gundul says :
    HALAH.... INI AKAL-AKALAN PLASADANA.COM BUAT NINGKATIN RATING PENGUNJUNG DI SITUSNYA...... POKOKNYA BAGI YANG MAU SEDEKAH SAMA UST YUSUF DINIATKAN IKHLAS DAN PAHALA.. NAMANYA BISNIS KADANG UNTUNG KADANG RUGI.. UNTUNG ALHAMDULILLAH... RUGI YA UNTUK PAHALA..
  • yesus says :
    Herry Gunawan kalau berbisnis yg cerdas bukan iri sama ustad, 2x kamu dapet celaka,,,,,,,
  • masykur says :
    Semoga saja TUJUAN dan NIAT anda dalam menulis adalah demi KEBAIKAN BERSAMA, tetapi jika tujuan anda menulis seperti apa yang khawatirkan temen2 yang lain, ( PROVOKATIF, MENGADU DOMBA ) semoga saja anda mendapat kebaikan dari YANG MAHA TAHU dan MAHA BIJAKSANA, *) "untuk menulis komentar ini sy meng edit dan mengulang beberapa kali" semoga dapat dimengerti dan diterima dengan baik
  • zulkarnain says :
    orang kafir ya gitu....1.000.000 hilang untuk beli dosa atau maksiat dia lebih iklash dari pada 1.000.000 untuk orang belajar bisnis patungan. sudah di peringat kan Allah dalam al Qur'an : yang artinya kira2 : "tak kan senang/tenang mereka(kafir) sebelum islam mengikut apa yang mereka inginkan " dari sini sebenarnya umat islam harus belajar dan menetapkan diri untuk bersatu : agar tidak berbisnis atau berjual beli dengan yg bukan selain islam.kecuali sudah tidak ada lagi di umat islam.
  • didin says :
    MAS HERU ITU KETERLALUAN. TAK DOAKAN ORANG SEPERTI DIA CEPET DAPET TEGURAN DARI ALLAH. ORANG-ORANG ITU IKUT YM YANG DCARI BUKAN DUNIAWI. TP YANG DICARI MURNI KERIDHOAN ALLAH. YANG NYUMBANG AJA GAK PERNAH NUNTUT HARUS INI ITU. EHHHH...ORANG INI GAK IKUT NYUMBANG MALAH SUARANYA GAK KARUAN
  • org yg tdk suka provokatif says :
    buatlah artikel dgn bahasa yg lbh santun & baik. jgn sampai ada yg terdholimi dgn kata2 anda. krna itu sama dgn mencerminkan hati anda. mulut itu emg kecil, tp bs mmbwa dampak yg besar. peace untk smuax :)
  • tantry says :
    kembali pada diri masing2... Alloh maha tau segalanya....
  • sang haMba says :
    hAi,..paRa Mr yg kritik My Ustadz YM,..kau itu kalo mo 'ngemis,..ngemis aja ga usah 'banyak koment,..trus terang aja butuh brpa? insaallah usTadz ksh 'seDekah,...(Subhanallah...)
  • M Ali JS says :
    Dengan menulis ini,...hmmm anda takut kesaing rupanya...
  • rusli says :
    Sy doakan agar usaha Yusuf Mansyur berjalan dengan lancar dan sukses. Baagi pengelola dan pemegang saham sama-sama sukses. Amin
  • bejo says :
    BAAAKKKAAAAARRRR.....!!!!!
  • Jama'ahnya Ustadz says :
    Ente salah nulis tuh, harusnya Ustadz bukan Ustaz. Pasti ga pernah baca huruf arab ya? Artikel kayak gini hanya akan menjatuhkan plasadana.com dan diri ente sendiri Bung...
  • wawan says :
    Maaf pak bagi kami apa yg dilakukan YM adlh lillahi ta'ala & insya allah apa yg kami berikan ikhlas demi membatu umatnya khususnya melalui sedekah. anda jgn provokasi org kl memang anda iri knp g lgsng smpkn k YM jgn dibelakang. tlg pelajari kaidah islam lg jgn asal ngomong aja. kelihatan kl anad itu orang yg g suka dg YM.....introspeksi diri anda. Hanya Allah yg tau bukan anda.
  • aam says :
    Insya Allah Ust. YM orangnya amanah... Iman itu untuk di yakini dengan hati bukan dengan logika. Disitu banyak orang pintar yg tersesat klo tanpa bekal agama. Kalau sedekah sudah perintah Allah & Rosul, jalani dengan keyakinan dengan niat yang baik, tidak perlu ada debat benar atau salah.
  • Adi says :
    saya Nekat Sedekah 50rb Ngikutin Anjuran Ustad YM ( Biasanya Boro boro ) Alhamdulillah seminggu kemudian dapet bayaran Logo 500rb padahal ngerjainnya gampang ga modal > REjeki yg gak di sangka sangka...mungkin yg nulis blog belum nyoba sedekah dengan cara yg diajarkan Ustad jd bisa nulis kaya gitu
  • Fulan says :
    Para pembaca, intinya si penulis hanya mengingatkan. ustadz jg manusia, bukan malaikat. Hidup paling tinggi godaannya kalo dikasih keberlimpahan dunia.sy malah khawatir karena hidup ini sendiri sebenarnya sirr/sangat rahasia. coba belajar ilmu tasawuf...wali itu ada skrg, Nabi Khidr jg masih hidup. Mudah2an ini hanya sebagai pengingat, bukan menuduh toh..kalo Nabi SAW keliru langsung ditegur sama Alloh SWT..tapi kalo kita manusia biasa biasanya dilihat dari endingnya seperti apa...kita lihat aja
  • hamba Allah says :
    DASAR ARTIKEL KAMPUNGAN, iri ya...uang segt byk ngak ke plasadana,lain kali kl buat artikel dipikir dl bung...dikasi Tuhan akal untuk berpikir jng pake lutut kl tulis artikel.NGERTI...!!!!!!!!
  • Sarah says :
    Maju Terus Ust. YM, semoga Allah melindungi Anda & Keluarga. Aamiin NB: http://plasadana.com adalah situs menyesatkan. (masuk dalam blacklist)
  • Idham says :
    Alangkah Bijaksananya Saudara-saudaraku bersabar..., tenang dengan hati yang jernih, jangan emosi biarlah sulutan dan cacian dari sdr.heri gunawan adalah sebagai ladang amal dan pahala kita smua, aamiin
  • wongso says :
    (Dia bukan bertindak sebagai hamba Allah yang menyalurkan sedekah. Hubungan Yusuf dan mitranya adalah relasi bisnis — dan dia menjanjikan keuntungan.) Wadow....perlu dicuci otaknya si Herry Gunawan.Banyak contoh yg mendapat perlindungan LPP,mana buktinya bhw persoalan bisa diselsaikan yg menguntungkan korban.Pengusaha kerah putih pernah dengar tp uztad kerah putih tidak ada sama sekali. MAJU TERUS Uztad JM.
  • cecep says :
    YM punya nilai trust yg istimewa, OJK punya kemampuan pengawasan yang baik. andai bisa kolaborasi sungguh dahsyat... sy rasa kalo sdh terbiasa merasa diawasi Allah, diawasi OJK bukan masalah besar.
  • sofyan w says :
    aku berlindung kepada Allah SWT. dari godaan syaiton yang suka menghasut agar hatiku cenderung berprasangka buruk tetapi syaiton sendiri sudah ditakdirkan buruk segala-galanya buat mas Harry Gunawan mohon dengan sangat jika anda Beragama Muslim tolong Belajarlah Ilmu ibadah dengan tuntas biar tidak mengusik hati orang lain yang beribadah. Jika anda Bukan muslim mohon jangan menghasut untuk menimbulkan kebencian. persepsi anda sangat keliru bagi saya, bahwa dasar Ibadah : Percaya,yakin&ihklas
  • Muh Ag Ilyas says :
    bungg !!!! ente kalo salah melulu KAPAAn benernyaa bunggg, kenapa manusia diminta pertanggungjawaban oleh yaaa angel, karena manusia memliki akal bunggg...jangan salahhh tuhhh bunggg !!!!!
  • MAHASISWA MAIYAH says :
    SUDAH SUDAH NGGAK USAH PADA RIBUT CUMAN MASALAH POSTINGAN GITU AJA RIBUT LHO !!!MING DUITT E !!!!! MAU IKUT UST YUSUF MANSYUR ATAU HERRY GUNAWAN OK LAH SEMUA !!YANG PENTING IKUT ALLAH SAMA RASULULAH ... BUKANKAH LEBIH BAIK KITA DIFITNAH DARIPADA KITA MENFITNAH !!!!! UST YUSUF MANSYUR ATAUPUN HERRY GUNAWAN ORA ONO OPO2NE KARO KANJENG NABI MUHAMMAD !!YORA !YORA !!!
  • sofyan says :
    kl iri jangan provokatif dong....
  • hamba ALLAH says :
    yang nulis ketahuan jarang sedekah jadinya selalu harta di muka maupun otaknya,sifatnya iri ,dengki dan hasut...SEKARANG ZAMAN MENUJU KHILAFAH ISLAM bung jadi kepercayaan terhadap sesama muslim itu harus.positif thinking..dan ikhlas kalaupun d hianati.
  • pribumi says :
    Lanjutkan pa ustadz,, Ini hanya sebagian hasut orang2 iri..GIVING OF MIRACLE..
  • wahyu says :
    Jadi senyum2 sendiri bacanya,... Biarlah Allah SWT yg menilai semuanya, toh yg dijalankan ini semua dgn niat yg baik, ikhlas dan mengharap ridho Allah. Kalo emg ada kesalahan dalam pelaksanaannya silakan diperiksa, kami Insya Allah berani menjadi garda terdepan dalam setiap kegiatan utk kebaikan dunia dan akhirat,...
  • aku says :
    waduh, kita semua ikhlas uang yg masuk k ust. ym buat d jalan Allah...gak usah balik juga ga papa orang kita sedekah ko...nantikan allah langsung yg ngebalas...plasadana ngiri nih ye...
  • hery says :
    ini bukan semata2 investasi yang cuman mengharapkan keuntungan duniawi aja Mas..mungkin dari sisi ini yang kurang anda pahami.
  • sundel says :
    persaingan bisnis jangan menyudutkan Ust YM dong, jangan membuat artikel sembarangan
  • endang says :
    segala sesuatu harus ditangani oleh ahlinya, mudah2an ustad ym selain ahli da'wah juga ahli bisnis ... he he he .....
  • hamba Allah says :
    jagan terlalu berlebihan menilai apa yang dilakukan orang, saya yakin ada statement semacam ini dikarenakan ustad masur tidak melibatkan suabuah lembaga pemerintahan jadi uang masuk buat mereke tidak ada donk....jadi beginilah orang2 yang mulai sirik... bisa kita tanda tak mampu, yang ada hanya memakan dari hasil keringat orang lain. nauzubillah minzalik
  • Alex says :
    yang mau ikut investasi Ust. YM gak apa-apa, yg gak mau jg gak apa-apa,tinggal dilihat aj siapa yg akan tersenyum di dunia dan siapa yg akan tersenyum diakhirat atau tersenyum pada keduanya dan juga sebalik sama sekali tidak tersenyum. Satu hal yg perlu diperhatikan bisnis Ust. YM ini blm ada sistem pengaturannya di Indonesia maka klo udah ada aturannya bisa kena biaya-biaya ke negara yg hasilnya nggak jelas kemana. Jadi waspadalah terhadap aturan main yg akan diterapkan oleh pemerintah.
  • SANES says :
    He..itu uang gua kenapa sih (herry gunawan) Lo yang ribet mikirin, guwe tu.. Ikhlas buat amal sedekah ga perlu di balikin yang penting dipake untuk hal kebaikan. Hati-hati ini berita Provokatif, iri, Si Herry Gunawan Pendengki...!!! ini harus di tuntut si Herry Pendengki Islam. (Hidup Ulama, Hidup Islam)
  • dafi says :
    berita tentang ust yusuf mansur masih kuat dengan subyektifitas penulis sendiri, berita tersebut boleh ditulis kalo ada pengaduan dari nasabah yang dirugikan, nah kalo berita diatas terkesan gosip dan iri sm ust yusuf mansur yang bisa mengumpulkan modal dari masyarakat. ada baiknya untuk menjabarkan fakta dalam berita, bukan mengarahkan opini masyarakat kepada sudut pandang pribadi penulis.. -tetap kritis pada berita-
  • Sabunkun says :
    Yah, begitu lah.. sabar aja ustad YM Cobaan mah emg bgini.. klo dipikir beliau ny jg santai2 aja liat opini spt ini.. Toh utk kebaikan umat, utk Islam, utk Allah...
  • sunardi says :
    itulah bedanya yg beriman dng yg tidak beriman...Insya Allah Ustz Mansur BISA...
  • konclenk says :
    Tidak butuh diawasi OJK. Dibawah pengawasan Tuhan Langsung.
  • anti plasadana says :
    Jadi plasagosip saja Bung daripada bikin tulisan provokatif.. low quality!!!!
  • miko says :
    plasadana pak radit, bukan plasdana. membaca saja kurang becus, gimana bisa memahami isi berita???
  • masOes says :
    Ustad Yusuf menjalankannya dengan ridho Illahi bukan dengan aturan manusia yg lebih duniawi ....
  • radit suherman says :
    menurut saya juga seperti itu........ plasdana menurut saya kurang berbobot.... isinya juga kurang... bagus... alebih baik diganti menjadi plas gosip aja,,,, jangan plasdana
  • Adis says :
    Ora mutu
  • terserah says :
    males baca plasdana dot com. menurut saya kurang berbobot.



  • Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

    Nama
    Email
    Komentar
    Isi Captcha