Rabu, 07/03/2012
Seandainya Apple Sebuah Kota
PENULIS : Aci Ananda

Plasadana.com - Jika disetarakan dengan negara Apple bertengger di urutan ke-18 terbesar dunia, bagaimana jika sebagai kota? Dengan kapitalisasi pasar US$ 500 miliar atau sekitar Rp 4.500 triliun, maka perusahaan tersebut akan menjadi kota terbesar keempat di Amerika Serikat, di atas Miami.

Jika posisi Apple dibandingkan dengan produksi barang dan jasa kota-kota di Amerika Serikat, maka Apple akan melampaui banyak kota. Nilai pasar Apple hampir dua kali lipat dari kota-kota utama di negara tersebut.

Nilai produksi barang dan jasa Miami hanya US$ 257 miliar setahun. Begitu juga dengan San Francisco yang mencapai US$ 325 miliar. Sementara kota-kota yang dekat dengan nilai pasar Apple hanyalah Chicago, New York, dan Los Angeles. (baca juga: Seandainya Apple Sebuah Negara)

Saat ini, Apple memiliki dana tunai di kantong sebesar US$ 97,6 miliar. Sementara menurut data sensus Amerika periode 2010, rata-rata pendapatan individunya US$ 68.259 per tahun. Nah, jika dana tunai Apple disebar ke warga Amerika, maka mampu mambayar pendapatan tahunan 1,43 juta warga.

Jadi wajar, seandainya pemerintah Amerika mengimbau Apple dan perusahaan kaya lainnya agar ikut mengurangi pengangguran di negara tersebut. Apalagi di tengah situasi krisis seperti sekarang.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha