Jumat, 09/03/2012
Apple Terseret Kasus Anti-Monopoli
PENULIS : Hikmatul Adrianto

Plasadana.com - Apple Inc. kena batunya di kandang sendiri, Amerika Serikat. Departemen Kehakiman setempat akan mengirimkan somasi kepada perusahaan yang baru meluncurkan versi baru iPad itu, lantaran diduga telah melakukan praktek yang melanggar ketentuan anti-monopoli.

Bersama Apple, sejumlah penerbit juga bakal kena teguran hukum tersebut. Yakni, CBS Corp., Lagardere SCA, Hachette Book Group, Pearson Plc., Penguin Group,  Macmillan, dan HarperCollins Publishers Inc., anak perusahaan News Corp.

Para penerbit ini mendistribusikan buku elektroniknya (e-book) melalui jaringan Apple, yang dikelola iTune. Melalui kerja sama yang terjadi sejak tahun 2010 ini, Apple langsung memangkas hasil penjualan sebesar 30 persen.

Saat ini, lembaga berwenang di Amerika dan Eropa sedang melakukan investigasi atas dugaan praktek monopoli dan persaingan tidak sehat yang dilakukan Apple beserta mitranya itu. Seorang sumber yang mengetahui kasus ini, seperti dikutip Reuters, menuturkan materi yang diselidiki adalah dugaan penggunaan harga tetap (fixed price), menjegal pesaing, dan merugikan konsumen.

Kasus yang diselidiki sebenarnya terjadi pada Desember tahun lalu. Ada perang harga antara Apple bersama mitranya tadi, dengan Amazon yang menerapkan diskon harga guna memasarkan Kindle Fire, komputer tablet untuk membaca e-book.

Dalam kasus ini, sebenarnya dipicu oleh model penetapan harga semena-mena oleh sejumlah penerbit. Apple sebagai 'distributor' ikut terseret.

Juru bicara Apple menolak berkomentas terkait kasus ini. Begitu juga dengan pejabat Departemen Kehakiman yang dimintai konfirmasinya.

Share :    
Email To Friend

KOMENTAR





Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.

Nama
Email
Komentar
Isi Captcha